Wednesday, October 29, 2008

Mana yang efektif OHV, OHC, atau DOHC?

Mekanisme katup merupakan rangkaian dari sebuah sistem mekanis yang membentuk gerakan membuka dan menutupnya katup pada engine. Berikut ini kami jelaskan mekanisme katup yang banyak dibuat oleh pabrikan otomotif:
1. Type Overhead Valve (OHV)
Sebuah mekanisme yang sederhana namun memiliki reliability yang tinggi. Penempatan camshaftnya pada block silinder, dibantu dengan valve lifter dan push rod antara rocker arm.
2. Type Over Head Camshaft (OHC)
Pada type ini, camshaft ditempatkan di atas kepala silinder, dan cam langsung menggerakkan rocker arm tanpa tanpa melalui lifter dan push rod. Camshaft digerakkan oleh poros engkol melalui rantai atau tali penggerak (belt).
Type ini sedikit lebih rumit bila dibandingkan dengan OHV, tetapi tidak menggunakan lifter dan push rod sehingga bagian yang bergerak menjadi berkurang. Kemampuan pada kecepatan tinggi cukup baik karena katup-katup membuka dan menutup lebih tetapada kecepatan tinggi.
3. Type Double Over Head Camshaft (DOHC)
Dua camshaft ditempatkan pada kepala silinder, satu untuk menggerakkan katup masuk dan yang lainnya untuk menggerakkan katup buang. Camshaft membuka dan menutup katup secara langsung tanpa melalui rocker arm. Berat part yang bergerak menjadi berkurang, membuka dan menutupnya katup menjadi lebih presisi pada putaran tinggi.
Kontruksi type ini sangat rumit, kemampuannya sangat tinggi bila dibanding dengan type lain.
Mekanisme DOHC ini ada dua type:
- Dua camshaft digerakkan langsung dengan sebuah sabuk (single drive belt directly)
- Exhaust camshaft digerakkan langsung dengan satu sabuk (belt) dan intake camshaft digerakkan oleh exhaust camshaft melalui sebuah roda gigi.



0 komentar:

 
© Copyright 2008 cv. kew All rights reserved | cv. kew is proudly powered by Blogger.com | Template by Template 4 u and Blogspot tutorial