Monday, October 27, 2008

Mengulas single/multi grade, SAE, API

Kekentalan menunjukkan ketebalan atau kemampuan oli menahan aliran suatu cairan. Oli dengan kekentalan rendah memberikan kekentalan indek rendah.
Kekentalan(viscosity)oli dinyatakan dengan indek kekentalan. Bila angka indeknya rendah maka oli cenderung encer dan sebaliknya. Badan internasional SAE (Society of Automotive Engineers) mempunyai standart kekentalan dengan awalan SAE.

Jenis-jenis oli berdasarkan kestabilan viskositas dibedakan menjadi dua type :
1. Oli singlegrade
Oli cenderung menjadi encer dan mudah mengalir ketika panas dan menjadi kental dan tidak mudah mengalir ketika dingin.2.
2. Oli multigrade
Oli multigrade adalah yang kekentalannya tidak terpengaruh oleh adanya perubahan temperatur dan umumnya digunakan sepanjang musim. Kekentalan oli multigrade dinyatakan dalam range viskositas (misalnya 10W-50, 15W-40).
Indek kekentalan diikuti oleh huruf W yang menunjukkan kekentalannya pada temperatur -20 derajat C. Derajat kekentalan tidak termasuk kekentalan yang ditunjukkan W menyatakan kekentalannya pada 100 derajat C.
Contoh : SAE 10W-30 maksudnya bahwa oli mesin mempunyai standart oli SAE10 pada -20 C dan standart oli sampai SAE30 pada 100C.

Klasifikasi Kwalitas
Kwalitas oli mesin diklasifikasikan sesuai dengan standart API (American Petroleum Institute. Klasifikasi biasanya dicantumkan pada kemasan dimaksudkan untuk menambah tngkatan SAE sehingga pemilihan akan lebih mudah. Untuk mesin bensin biasanya dinyatakan dengan huruf S, misalnya SA, SB, SC, dst. Untuk mesin diesel dinyatakan dengan huruf C, misalnya CA, CB, CC, dst.

0 komentar:

 
© Copyright 2008 cv. kew All rights reserved | cv. kew is proudly powered by Blogger.com | Template by Template 4 u and Blogspot tutorial